Sekapur Sirih

Dalam menjalankan tugas dan fungsi SPI, nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh SPI UMRAH adalah berfokus pada kompetensi utama universitas, berperilaku amanat/terpercaya, profesional, objektif, independen dan tanggap, mengukur keberhasilan berdasarkan kualitas dan kuantitas, mampu melakukan deteksi dini, menemu-kenali dan menyajikan temuan pengawasan secara objektif, profesional dan proporsional sesuai dengan kompetensinya serta mampu berkomunikasi dan menyampaikan rekomendasi yang efektif.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 47 tahun 2011 menyatakan bahwa  pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan,dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi yang bertujuan untuk mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik,meningkatkan efektivitas dan efisiensi,dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

SPI UMRAH mempunyai wewenang sebagai berikut:

  1. Mewakili Rektor dalam sistem pengawasan internal.
  2. Melakukan audit, analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap manajemen unit kerja.
  3. Menentukan prosedur dan ruang lingkup pelaksanaan pengawasan.
  4. Melakukan penelitian atas obyek-obyek audit, analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian.
  5. Memperoleh akses tidak terbatas atas seluruh data, informasi dan obyek audit, analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian termasuk dokumen, pencatatan, sumber daya manusia dan sarana prasarana unit kerja UMRAH.
  6. Melakukan verifikasi, uji validitas dan reliabilitas terhadap data informasi yang diperolehnya.
  7. Bermitra dengan senat universitas dalam pelaksanaan tugas.
  8. SPI UMRAH mempertanggungjawabkan hasil temuan yang diaudit, dianalisis, diawasi, diperiksa, diuji dan dinilai kepada Rektor.

 

Tanjungpinang, 13 Maret 2018

Ketua SPI UMRAH